Tips untuk Perawatan Motor
Anda harus paham betul dengan konsep bahwa mengganti oli Anda sesuai pedoman yang disarankan adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mesin apa pun pada kendaraan apa pun. Ini jelas termasuk sepeda motor.
Sama pentingnya untuk mengganti oli sepeda motor Anda secara teratur karena mesin tersebut cenderung bekerja lebih keras - pada kecepatan dan RPM yang lebih tinggi - daripada mesin mobil dan truk. Manual pemilik Anda akan memiliki rekomendasi terbaik untuk oli yang tepat untuk digunakan. Ini juga akan memberi tahu Anda seberapa sering Anda perlu mengubahnya. Abaikan rekomendasi ini dengan risiko Anda sendiri.
Lakukan terlalu lama di antara penggantian dan oli Anda tidak akan melindungi bagian logam dari keausan seefektif yang seharusnya. Ingatlah bahwa oli mengandung aditif seperti penetral asam yang digunakan untuk melindungi permukaan mesin dari penumpukan kontaminan yang merusak dan produk pembakaran (seperti jelaga dan asam). Jadi, jika Anda terlalu lama mengganti oli, bahan tambahan ini akan aus dan berhenti melindungi mesin.
Di sisi lain, ganti oli Anda terlalu sering dan Anda akan membuang-buang uang. Tentu, Anda bisa mengganti oli Anda setiap 500 mil "agar aman", tapi apa gunanya? Anda hanya akan membuang-buang uang karena terlalu berhati-hati.
PEMELIHARAAN FILTER UDARA
Mesin pembakaran dalam membutuhkan aliran udara masuk yang konstan untuk menyediakan oksigen yang dibutuhkan untuk mendukung pembakaran bahan bakar. Filter udara bersih penting untuk memastikan bahwa udara yang masuk ke mesin Anda tidak membawa kontaminan asing dan zat yang dapat membahayakan mesin Anda.
Debu dan kotoran serta partikel dari lingkungan dapat terperangkap di film oli atau ke permukaan logam yang berfungsi sebagai abrasif dan merusak katup, silinder, dan bantalan internal.
Membersihkan atau mengganti filter udara akan membantu mencegah hal ini. Seberapa sering Anda harus melakukannya ditentukan oleh manual pemilik Anda (sekali lagi). Sebaiknya Anda juga meningkatkan frekuensi penggantian filter jika Anda sering mengendarai sepeda motor di lingkungan yang berdebu. Jelas, lingkungan yang berdebu meningkatkan kecepatan di mana filter Anda menjadi kotor dan tersumbat secara berlebihan.
Terakhir, filter udara yang bersih juga akan membantu jarak tempuh bensin Anda. Ini adalah bonus yang disukai semua orang. Sekarang itu tidak akan meningkatkan jarak tempuh Anda sebesar 20% atau semacamnya, tetapi Anda biasanya mendapatkan bonus jarak tempuh kecil karena teliti dalam pemeliharaan Anda di area ini.
NAIK DI BAWAH TEKANAN
Tekanan ban dapat menjadi pembeda antara membuang-buang bensin dan uang atau berkendara dalam kondisi terbaik Anda. Ban adalah titik kontak untuk jalan dan memengaruhi banyak hal tentang pengalaman berkendara Anda. Jarak tempuh bahan bakar Anda tetap tinggi dan penanganan sepeda Anda paling baik saat ban Anda berada pada tekanan yang tepat.
Tekanan ban yang terlalu rendah menyebabkan permukaan ban terlalu banyak bersinggungan dengan jalan pada suatu waktu tertentu. Ini menciptakan hambatan yang berlebihan dan menurunkan jarak tempuh bensin Anda. Ini juga memberi tekanan pada dinding samping ban dan mempercepat keausan ban. Jadi pastikan Anda tidak naik terlalu rendah.
Tapi jangan juga menaikkan tekanan ban terlalu tinggi. Memang benar bahwa tekanan ban yang lebih tinggi memberi Anda dorongan jarak tempuh. Tetapi melangkah terlalu jauh ke arah ini (beberapa orang berpikir jika sedikit sesuatu itu baik, banyak di antaranya pasti bagus) dan Anda tidak akan mendapatkan daya tarik terbaik dalam cuaca basah, yang jelas berbahaya. Dan ban yang terlalu kempes juga lebih cepat aus, tapi di tengah tapak, bukan di samping.
Tidak ada ilmu roket di sini - cukup periksa tekanan ban Anda seminggu sekali dengan alat pengukur.
TETAP BANTALAN ANDA (GREAS) DAN PERIKSA BAGIAN PENANGGUHAN ANDA
Orang yang memiliki sepeda kotoran sudah terbiasa dengan kebiasaan mengoles bantalan roda, karena sepeda kotoran membutuhkan banyak minyak sejak dibeli. Sepeda jalanan tidak memiliki bantalan yang terbuka sebanyak sepeda kotoran, tetapi mereka membutuhkan minyak dalam dosis yang sehat di area seperti sambungan suspensi. Memeriksa mereka dan mengikuti rutinitas pelumasan biasa akan membuat bagian yang terbuka ini bertahan lebih lama.
Setiap rutinitas perawatan yang baik harus melibatkan pemeriksaan kesehatan bantalan penting untuk mengetahui tanda-tanda keausan. Hal ini penting dilakukan karena bearing ini cepat aus saat mulai digunakan.
Bantalan batang kemudi harus diperiksa (angkat roda depan dari tanah pada penyangga dan periksa rasa belokannya). Perasaan tidak biasa atau permainan lepas yang berlebihan selama pemeriksaan ini bisa menjadi tanda bahwa bantalan ini perlu diganti.
Periksa lengan ayun sepeda Anda. Titik pivot harus rapat dan tidak boleh ada permainan sisi-ke-sisi di dalamnya. Hal yang sama untuk as roda depan dan belakang. Setiap permainan di area ini memerlukan penggantian bantalan ini.
Singkatnya, periksa semua baut dan bantalan Anda secara teratur. Olesi secara teratur agar tahan lebih lama, dan gunakan lapisan anti-benturan saat Anda memasang kembali baut (lengan ayun, linkage, dudukan motor). Memperhatikan bagian-bagian penting ini akan mencegah masalah yang lebih besar di kemudian hari.
Sumber: sewa motor medan