Definisi Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran (MC) adalah satu-satunya cara bagi bisnis untuk memindahkan produk, layanan, dan ide dari produsen ke pengguna akhir.
Itu membuat dan memelihara interaksi dengan pelanggan, prospek, pengecer, dan pemangku kepentingan. Komunikasi pemasaran memiliki campuran di mana periklanan dan promosi penjualan memainkan peran penting.
Jenis MC termasuk periklanan, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan. Periklanan ini memperluas jejak pemasaran dan selalu bertujuan pada tingkat penyampaian pesan yang tinggi.
4 P pemasaran: produk, tempat, harga, dan promosi adalah tujuan utama komunikasi pemasaran. Ini mencapai audiens target yang berbeda untuk mengubah perilaku melalui informasi, persuasi, dan pengingat.
Tanpa komunikasi pemasaran, tidak mungkin membangun kesadaran dan mendorong uji coba produk. Ini mempertahankan basis pelanggan dengan memperkuat perilaku pembelian dengan menawarkan detail konstan tentang manfaat merek.
Pentingnya MC di dalam dan di seluruh organisasi serta berbagai pemangku kepentingan dengan fokus utama pada pelanggan
Pemasaran adalah departemen terpenting dari organisasi mana pun. Jika tenaga pemasaran berhasil dalam usahanya, perusahaan menjadi menguntungkan dan berkembang.
Tanpa pemasaran yang efektif, tidak ada keuntungan dan karenanya tidak ada karyawan baru. Kenaikan bergantung pada kinerja komunikasi pemasaran. Ketika strategi yang efektif dibuat, akan ada hasil yang bermanfaat.
Bukan hanya departemen pemasaran tetapi departemen Dolar Hijau lain dapat bekerja dengan komunikasi pemasaran seperti acara, sponsor, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan pemasaran interaktif. Alat komunikasi ini sering kali menjadi bagian dari bauran komunikasi pemasaran.
Dalam periklanan, Anda membutuhkan desainer grafis, untuk panggilan penjualan Anda membutuhkan kendaraan perusahaan dari departemen admin. Untuk penjualan pribadi, Anda dapat menggunakan staf penjualan.
Untuk menyetujui acara pemasaran, Anda harus memiliki hubungan baik dengan manajer akun. Jadi bisa dibilang, komunikasi pemasaran melibatkan berbagai departemen dalam suatu organisasi.
Ini meningkatkan efisiensi operasional. Pendekatan terintegrasi memastikan semua saluran selaras dan mengikuti taktik yang sama, sejalan dengan tujuan bisnis dan nilai-nilai perusahaan.
Di seluruh organisasi, memberikan kesan tentang perusahaan yang bisa menjadi negatif atau positif. Prospek dan pengecer membandingkan merek tersebut dengan pesaingnya dan bila komunikasi Anda bagus, Anda dapat memperoleh harga yang lebih baik daripada merek lain dan sebaliknya.
Banyak merek menyewa pihak ketiga untuk publisitas, promosi penjualan, dan pemasaran dari mulut ke mulut, dan keberhasilan atau kegagalan komunikasi merek memengaruhi mereka secara langsung.
Dalam hal bagaimana hal itu memengaruhi pelanggan, mereka lebih dekat dengan produk merek dengan pengetahuan dan informasi yang dapat mereka pertahankan tentang merek tersebut.
Pelanggan ingin mengetahui seberapa bermanfaat suatu produk bagi mereka dan komunikasi pemasaran mengatakan hal itu kepada mereka. Semua strategi IMC difokuskan pada cara pelanggan ingin merasakan merek.